Julukan Macan Kemayoran untuk Persija Jakarta

Bagi para penggemar sepak bola pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Macan Kemayoran. Julukan tersebut melekat pada salah satu klub sepak bola nasional asal Jakarta yaitu Persija.

Klub yang menaungi Bambang Pamungkas ini mempunyai basis fans yang sangat besar Hal tersebut disebabkan oleh latar belakang sejarahnya yang panjang, dan banyak prestasi gemilang yang telah dicetak. Persija bak pahlawannya orang Jakarta.

Hal ini juga terkait dengan julukanya. Gimana kalian penasaran dengan asal muasal julukan macan kemayoran dan fakta-fakta menarik lainya tentang Persija Jakarta ? Berikut 5 Fakta tentang Persija :

 

  1. Asal-usul macan kemayoran

Macan Kemayoran berasal dari julukan yang disematkan pada salah satu jagoan Betawi bernama Murtado. Jawara yang satu ini dikenang sebagai pahlawan karena keberaniannya melawan Belanda beserta antek-anteknya.

Walau kerap diiming-imingi harta oleh Kompeni Murtado tetap berpihak pada warga Kemayoran. Oleh karena itu julukan macan kemayoran disematkan kepadanya, berani melawan siapa saja yang jahat dan tetap teguh pendirian menjaga warga Kemayoran.

 

  1. 92 Tahun mewarnai Sepak Bola Indonesia

Persija merupakan salah satu tim sepak bola yang cukup tua, berdiri pada 28 November 1928. Awalnya klub ini bernama Voetbalbond Boemipoetera (VBB), kemudian berganti menjadi Voetbal Indonesische Jacarta (VIJ) pada 1929. Nama Persija mulai digunakan setelah Indonesia merdeka dan kembali ke bentuk negara kesatuan.

 

  1. Banyak bawa pulang piala ke Jakarta

Banyak prestasi yang telah ditorehkan Persija seperti 11 gelar juara pada Kompetisi PSSI. Selain itu Persija juga kerap mendulang piala pada ajang turnamen lainya seperti Runner Up Copa Indonesia 2005, Runner Up Piala Indonesia 2018-2019, dan Piala Presiden 2018.

 

  1. Loyalitas Jakmania yang selalu menemani langkah Persija

Apalah arti klub sepak bola tanpa fansnya. Sepak terjang Persija dalam menorehkan juara bukan hanya soal pemain, namun juga terdapat peran besar dari fans fanatiknya yaitu Jakmania. The Jak dibentuk pada tahun 1997 dan bermarkas di Stadion Menteng.

 

  1. Banyak bermain di turnamen internasional

Tidak cukup bermain di ajang domestik, Persija juga banyak bermain di turnamen internasional. Bukan hanya bermain bahkan Persija juga banyak menorehkan juara dalam berbagai ajang yaitu juara Brunei Invitation Cup 2000 dan 2001, BoostSportFix Super Cup Malaysia 2018 dan Ho Chi Minh City Cup 1973.

Itulah beberapa fakta menarik mengenai macan kemayoran yang siap membawa kemenangan bagi Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *