Berikut ini beberapa Bahasa Indonesia yang sering disalah artikan, simak!

Apa Benar Indonesia Darurat Nyinyir? Halaman 1 - Kompasiana.com

source gambar : kompasiana.com

Bicara soal komunikasi maka bahasa adalah salahs atu aspek penting yang harus dikuasai. Di era media sosial yang sangat berkembang pesat, banyak sekali bahasa-bahasa baru bermunculan, dimana bahasa tersebut biasa disebut dengan bahasa gaul.

Salah satu yang paling menonjol yaitu ghosting, apa arti ghosting? Yaitu merujuk pada seseorang yang menghilang secara tiba-tiba tanpa adanya alasan yang jelas di dalam suatu hubungan.

Namun fokus kami kali ini yaitu membahas beberapa kata yang sering sekali disalah artikan oleh banyak orang sehingga bahasa tersebut sudah dianggap lumrah meskipun salah. Maka dari itu kami akan meluruskannya, penasaran seperti apa? simak ulasannya sebagai berikut.

  • Canggih

Kalian tentu sudah tidak asing lagi dengan kata “canggih” bukan? ya, kata-kata ini sering sekali kita dengar untuk mengungkapkan suatu ketakjuban atas suatu hal yang hebat berbau teknologi.

Perlu digaris bawahi bahwa, canggih sendiri memiliki arti cerewet. Tentu kamu terkaget mendengar arti yang sebenarnya? Wajar saja sebab arti dan penggunannya sangat jauh berbeda, namun istilah canggih sudah tidak bisa terbendung lagi untuk digunakan terhadap hal yang bukan seharusnya. Maka dari itu mulai dari kamu perlu meluruskannya.

  • Seronok

Selanjutnya ada kata seronok yang sudah tidak asing terdengar di telinga kita, dimana kata seronok dirujukan pada hal-hal yang menyenangkan. Tetapi banyak sekali orang yang memiliki interpretasi yang negatif terhadap kata seronok seperti mengkaitkannya dengan hal yang tidak sopan dan mengumbar aurat.

Padahal kata seronok yang sebenarnya memiliki arti menyenangkan hati, contohnya ketika kita sedang bermain game atau hal menyenangkan lainnya, maka kita bisa menggunakan kata seronok dengan pas.

  • Nyinyir

Selanjutnya ada kata Nyinyir yang sering sekali digunakan oleh orang di dunia nyata atau di dunia maya. Kata nyinyir sendiri sering digunakan untuk mengungkapkan hal yang tidak mengenakkan pada seseorang atau dalam artiannya menyindir secara tajam.

Perlu digaris bawahi bahwa, Nyinyir sendiri adalah istilah yang memiliki arti mengulang-ulang perintah atau permintaan, dan cerewet dalam KBBI.

Namun saat ini kata nyinyir sudah disalah artikan oleh banyak orang untuk mengungkapkan suatu sindiran pedas terhadap seseorang. Maka dari itu mulai sekarang jangan menyalah artikan kata nyinyir ya guys.

  • Absen

Istilah yang selanjutnya ini datang dari lingkungan anak sekolah yang biasa menggunakan kata absen tidak pada arti yang sebenarnya. Kamu pasti kerap kali mendengar temanmu menitip absen ketika tidak masuk, padahal absen sendiri sangat berbeda dengan apa yang biasanya digunakan.

Absen sendiri memiliki arti tidak hadir, sedangkan absensi adalah ketidakhadiran. Namun apa boleh buat istilah tersebut sudah terlanjur disalah artikan oleh anak-anak sekolah.

  • Wacana

Akhir-akhir ini kamu tentunya sering sekali mendengar istilah wacana yang digunakan untuk menunjukkan kekesalan karena suatu rencana yang tidak terlaksana. Padahal arti dari wacana sendiri cukup berbeda dengan apa yang sering diucapkan seseorang yaitu, percakapan atau komunikasi.

Maka dari itu ketika kamu menggunakan istilah wacana untuk merujuk pada suatu rencana yang gagal atau tidak terlaksana, maka hal itu salah besar. Namun saat ini penyalahgunaan kata wacana kian tak terbendung lagi.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar beberapa Bahasa Indonesia yang sering disalah artikan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *